Selasa, 01 Februari 2011

Amankah Lensa Kontak?



Pemakai Lensa Kontak Sering Menderita Infeksi Mata

Nggak mau kan mata kamu yang sangat berharga mendapat masalah karena ceroboh menggunakan lensa kontak? FYI, saat ini jumlah pemakai lensa kontak yang menderita infeksi mata dan luka pada kornea meningkat tajam.
Ya, lensa kontak bisa menimbulkan masalah serius pada mata.Just so you know, benda-benda kecil yang masuk ke mata bisa lho terjebak dalam lensa kontak dan akibatnya terjadi goresan pada kornea mata. Ehw, scary!
Bahaya lain yang mungkin sekali akan timbul akibat pemakainan  lensa kontak yang salah antara lain mata merah, mata terasa terbakar, mata kering, penglihatan kabur atau menjadi sensitive terhadap cahaya (photophobia). Ingat ya,kalau  kalian menghadapi masalah-masalah mata ini, lepas lensa kontak dan bersihkan segera. Kalau sakit pada mata berlangsung lebih dari 2-3 jam setelah lensa kontak dibersihkan, cepat kontak dokter mata kamu.


Jenis-Jenis Lensa Kontak
Soft Lenses (Lensa Kontak Lunak)
1.     Daily-wear lenses: dilepas dan dibersihkan pada malam hari dan keesokan paginya dikenakan kembali. Kita mudah beradaptasi memakai jenis satu ini. Sayang, lensa harian kurang awet dibanding jenis kontak lain.
2.    Extended-wear lenses: bisa digunakan sampai 1 minggu, siang dan malam. Setelah seminggu, lensa kontak jenis ini bisa digunakan kembali setelah dibersihkan. Namun beberapa orang  nggak bisa menerima extended-wear lenses. Mata menjadi gampang terkena iritasi jika lensa kontak ini nggak rutin dilepas dan dibersihkan. Meski lembaga FDA (Food and Drug Administration) telah menyetujui pemakaian beberapa jenis lensa kontak ini sampai 30 hari pemakaian, banyak dokter mata (ophtalmologists) merekomendasikan orang-orang untuk hanya memekai selama 1 minggu. Dan banyak juga dokter yang menganjurkan supaya lensa kontak dilepas saat si pemakai tidur.
3.    Disposable lenses (daily and extended wear): lensa kontak ini didesain untuk dipakai sampai beberapa minggu untuk kemudian dibuang. Banyak pemilik lensa kontak kini memakai disposable lenses. Lensa kontak jenis ini dikeluarkan karena mengganti lensa kontak lebih sering akan mengurangi infeksi pada kornea mata. Tapi penelitian menunjukkan kalau ternyata pemakai lensa kontak ini memiliki resiko lebih tinggiterkena keratitis (sel-sel pada permukaan kornea mati).



Hard lense (Lensa Kontak kaku)
  1. Conventional hard lenses (PMMA):lensa kontak ini terbuat dari plastic kaku (polymethyl methacrylate/PMMA). Jenis kontak lensa ini nggak menimbulkan distorsi pada mata dan pemakaiannya tahan lama. Tapi pemakaian conventional hard lenses terasa kurang nyaman karena oksigen yang masuk ke kornea berkurang.
   2. Rigid-gas permeable (RGP) lenses: lensa kontak jenis ini kurang awet, tapi lebih nyaman dipakai disbanding conventional hard lenses. Beberapa lensa kontak ini didesain untuk pemakaian beberapa hari. Meskipun begitu, para spesialis mata menganjurkan untuk nggak memakai lensa kontak ini untuk jangka panjang.




Tips Pemakaian Lensa Kontak:
1.     Ikuti dengan cermat instruksi pemakaian lensa kontak. Jaga lensa kontak kamu dan peralatannyatetap super bersih.
Jangan lupa, cuci bersih tanganmu sebelum memakai dan melepaskan lensa kontak.
2.    Jangan sekali-sekali pakai hand lotion sebelum memegang lensa kontak.
3.    Pakai system perawatan lensa kontak yang dianjurkan dokter mata kamu. Jangan mencampuradukkan berbagai produk, karena belum tentu cocok.
4.    Jangan membasahi lensa kontak kamudengan ludah atau meletakkannya dimulut kamu. Bakteri yang ada didalam sana bisa menyebabkan infeksi mata.
5.    Selalu bersihkan tempat lensa kontak dan keringkan untuk mencegah kontaminasi.
6.    Jangan menggunakan air ledeng untuk membersihkan lensa kontak.
7.    Pergilah ke dokter mata setahun sekali untuk mengecek kondisi lensa mata dan kesehatan matamu.
8.    Lensa kontak, terutama soft lense mampu menyerap obat tetes mata. Jadi kalau kamu memakai obat mata, tunggu 30 menit sebelum memakai kembali lensa kontak.
9.    Masukkan lensa kontak kamu sebelum memakai make-up. Jangan sampai make-up bersentuhan dengan lensa kontak  ya. Coba deh ganti make-up untuk mata kamu (khususnya maskara) setiap 3-6 bulan sekali. Hal ini berguna untuk mengurangi kontaminasi pada mata. Dan jangan coba-coba memakai make-up pada bagian dalam kelopak mata.
10.  Bergonta-ganti warna lensa kontak bisa menimbulkan masalah pada mata, such as infeksi dan luka pada kornea. Untuk menghindarinya, baca baik-baik petunjuk pemakaian lensa kontak.