Jumat, 04 Maret 2011

Dalam proses pendidikan, mengarahkan pada suatu tujuan yaitu megembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Guru BK (pendidik) adalah pendidik yang menfasilitasi perkembangan seluruh potensi siswa mulai dari pribadi psikologi ataupun social yang memberikan bimbingan dalam menyiapkan siswa menentukan pribadinya mengenai lingkungan dan merencanakan masa depan. 

Oleh karena itu diberikan motivasi siswa tersebut motivasi adalah segala sesuatu yang menjadi pendorong tingkah laku yang menuntut untuk mengarahkan menuju tujuan tertentu. Motivasi sangat penting dalam kegiatan belajar yang dipengaruhi tujuan yang akan dicapai dengan belajar dengan adanya keinginan untuk belajar atau bersekolah.

Terkadang sumber motivasi dapat dating dari diri sendiri kesadaran dan pemikiran dapat juga dari luar, dari orang tua, guru-guru, sekolah, teman-teman, masyarakat media massa, seluruhnya hendaknya menciptakan motivasi posisitf terhadap belajar dan menjauhkan dengan hal-hal yang ,mungkin menimbulkan motivasi negative terhadap kegiatan belajar. 

Dalam bimbingan konseling diberikan motivasi seperti pengembangan dan penyaluran bakat, minat dan jika konseling         diberikan motivasi seperti pengembangan dan penyaluran bakat, minat dan jika ada siswa yang memperlihatkan tingkah laku belajar yang tidak produktif guru BK pasti memberikan kritikan dan masukan. 
Contoh perilaku kurangnya motivasi belajar :
a.       Malas, lambat membuang-buang waktu, pekerjaan tidak selesai, kurang konsentrasi acuh tak acuh, apatis, sikap kurang baik, mengantuk (kelesuan)
b.      Absen sekolah, bolos tidak mengikuti pelajaran tertentu tidak mengerjakan tugas, tidak mencatat, pelupa
c.       Nakal, suka mengganggu tidak menyukai sesuatu kegiatan pelajaran mengkritik (menentang)
d.      Mengerjakan tugas lain dalam waktu pelajaran mendahulukan pelajaran yang tidak penting 

Oleh karena itu siswa diberikan bimbingan belajar yang tepat, memilih pelajaran yang sesuai dan menemukan cara mengatasi kesukaran-kesukaran yang terkait dalam belajar disekolah. Semua peserta didik pasti ingin mencapai keberhasilan begitu juga dengan orang tua dan guru yang menginginkan anaknya berhasil dalam belajar, keberhasilan belajar yang kuat yaitu belajar secara teratur rajin sungguh-sungguh dan tekun. 

Dalam belajar suasana yang mendukung hubungan anatar teman yang akrab perlakuan guru yang bersahabat pastinya akan membangkitkan motivasi belajar dan sebagai umber belajar inspirasi. 



Apabila dilingkungan keluarga hubungan social terciptanya suasana belajar efisien tersedianya fasilitas belajar yang dibutuhkan, menumbuhkan suasana yang hebat pastinya akan membangkitkan motivasi belajar terkadang ada siswa yang memotivasi belajarnya datang dari dirinya sendiri kemungkinan karena kondisi kesejatan yang baik. 

Untuk itu, upaya untuk mengatasi kurangnya miotivasi belajar dengan memberikan informasi penjelasan dan contoh orang-orang sukses karena rajin dan giat yang setimpal, berikan kemudahan dan bantuan dalam belajar. 

Menurut saya sebagai peserta didik kita harus mempersiapkan fisik dan mental konsentrasi dan memegang prinsip belajar bukan sebagai beban dan dibantu dengan do’a serta menanamkan keinginan untuk belajar.





Sumber: MIFTAHUL HUSNA, IX.1


Kehidupan manusia tidak lepas dari intraksi dengan lingkungan perubahan kondisi dan kualitas lingkungan berpengaruh buruk.Kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan masih rendah yang mengakibatkan kerusakan iklim global yang sulit terhindar. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, yaitu pencemaran udara dan air menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam seperti banjir, longsor, kebakaran hutan, krisis air bersih yang merupakan permasalahan global dan sering terjadi di Indonesia. 

Banjir yang melanda Indonesia dimusim penghujan dalam waktu  tertentu  mengalami kelangkaan air bersih ini bukti akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam berwawasan lingkungan. Jika dibiarkan akan berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. 


Masalah lingkungan seperti bencana alam masalah sampah merupakan masalah lingkungan yang bukan tergolong sepele, karena tidak diselesaikan. 
Untuk itu kita membangun kesadaran kita dalam menjaga kondisi lingkungan benar-benar jauh dari berbagai  sumber pengrusakan dan pencemaran lingkungan. Karena masalah lingkungan tersebut disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. 

Seharusnya penghijauan lingkungan di Indonesia kembali diupayakan dan dibangun kembali dan menurut saya sudah menjadi tugas manusia yang merupakan amanah dan tanggung jawab melestarikan bumi. Masyarakat diharapkan bisa menata dan memelihara kelestrian lingkungan hidup diwilayah Indonesia. Untuk itu bangunlah Indonesia yang berwawasan lingkungan agar terciptanya suasana keindahan dan kenyamanan lingkungan terutama kesehatan. 

Berhubungan dan kelestarian lingkungan sebagai masyarakat yang mementingkan penghijauan lingkungannya harus melakukan penanaman. 



Terkadang masih ada masyarakat yang membuang sampah seenaknya dijalanan, atau meletakkan sampah dipinggir jalan seolah-olah bukan milik sendiri. Hal itu tidk disadari tetapi sangat berpengaruh dengan kondisi bumi kebiasaan dan kesadaran membuang sampah pada tempatnya sebenarnya sangat berpengaruh dengan kondisi bumi. Kebiasaan dan kesadaran membuang sampah pada tempatnya sebenarnya sangat penting agar membudaya karena budaya peduli lingkungan dan merupakan jati diri suatu bangsa. Untuk itu kita juga perlu memelihara kelestarian sumber alam lainnya seperti pelestarian huta yang berfungsi mencegah erosi dan banjir. 

Upaya yang perlu dilakukan untuk menyadarakan masyarakat terhadap lingkungan dengan memberikan penyuluhan penerangan memberikan arahan pada penilaian dan sikap hidup untuk mampu memelihar keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan pribadi, lingkungan social, dan alam dan penegakan hokum disertai pemberian motivasi untuk menjaga lingkungan hidup.

Dan saya seorang siswa (pelajar) serta teman-teman ku yang seperjuangan mendorong peningkatan peran kita sebagai siswa dengan melakukan kegiatan seperti masalah dinding kerja bakti atau gotong royog taman sekolah. 


Siswa pasti memiliki kependudukan terhadap lingkungan yang berpartisipasi terhadap lingkungan yang sehat serta melestarikan lingkungan yang sehat serta melestarikan lingkungan hidup. Selain itu siswa banyak menjadi pelopor bagi upaya untuk penciptaan budaya peduli terhadap lingkungan hidup lingkungan sekolah. Peran pendidikan sekolah sangat penting,bukan bagi siswa  saja tetapi budaya bersih dan sehat.

Untuk itu, marilah kita budayakan  lingkungan hidup yang bersih dan sehat.



Sumber : MIFTAHUL HUSNA, IX.1

 

Selasa, 01 Maret 2011

ASEAN, merupakan singkatan bagi "Association of Southeast Asian Nations" atau Persatuan Negara-Negara Asia Tenggara. ASEAN ditubuhkan pada 8 Ogos 1967 di Bangkok dengan tujuan untuk mengukuhkan kerjasama serantau. Negara anggota mengadakan mesyuarat pada setiap November.
Prinsip utama ASEAN 
§  Hormat terhadap kemerdekaan, ketuanan, kesamaan, integriti jajahan dan identiti nasional semua negara 
§  Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan luar, subversif atau koersion (coerion) 
§  Penyelesaian perbezaan atau perdebatan dengan aman 
§  Menolak penggunaan ketenteraan 
§  Kerjasama effektif antara anggota.

Negara-negara yang menyertai ASEAN.
Kini ASEAN dianggotai oleh hampir semua negara di Asia Tenggara kecuali Timor Timur dan Papua New Guinea. Negara-negara anggota adalah seperti berikut:
§  Kemboja
§  Laos
§  Myanmar
§  Vietnam

Sejarah

ASEAN ditubuhkan oleh lima negara pengasas;  IndonesiaMalaysiaFilipinaSingapura  dan Thailand di Bangkok semasa proses penandatanganan satu perjanjian yang dikenali sebagai Deklarasi Bangkok. Menteri luar ketika itu ialah Adam Malik (Indonesia), Narciso R. Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak(Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). 
Brunei menganggotai ASEAN pada 8 Januari 1984 iaitu seminggu selepas mencapai kemerdekan. Hanya selepas 11 tahun kemudiannya ASEAN menerima ahli baru. Vietnam menjadi anggota yang ketujuh pada 28 Julai 1995Laos dan Myanmarmenjadi ahli dua tahun kemudianya, iaitu pada 23 Julai 1997. Walaupun Kemboja sudah menyertai ASEAN bersama-samaMyanmar dan LaosKemboja terpaksa menarik diri disebabkan masalah politik dalam negara tersebut. Namun, dua tahun kemudiannya Kemboja menyertai semula ASEAN pada 30 April 1999.


Timor Leste
Negara baru Timor Leste, dahulunya dalam Indonesia, terpaksa berhempas pulas untuk mendapat status pemerhati dalam ASEAN. Namun, banyak negara dalam ASEAN tidak menyokong penglibatan Timor Leste pada akhir 1990-an atas rasa hormat kepada Indonesia. Myanmar, terutamanya, menentang pemberian status pemerhati kepada Timor Leste kerana sokongan Timor Leste terhadap perjuangan Aung San Suu Kyi.
Sejak kemerdekaan Timor Leste pada Mei 2002, ASEAN telah banyak membantu negara baru ini. Timor Leste telah dijemput untuk hadir dalam beberapa mesyuarat ASEAN. Walaubagaimanapun, Timor Leste masih dilantik sebagai negara pemerhati.
ASEAN dianggarkan merangkumi 500 juta orang dan merangkumi kawasan seluas 4.5 juta kilometer per segi.

sumber: ms.wikipedia.org

Pahlawan revolusi merupakan gelar kepahlawanan yang diberikan kepada 7 orang pahlawan yang meninggal pada peristiwa  G 30 S PKI  ( 30 September 1965 ). Berikut ini merupakan Biografi  7 pahlawan revolusi lengkap dengan fotonya.

  • Letnan Jenderal Anumerta S. Parman
Nama: Letnan Jenderal Anumerta S. Parman
Lahir :   Wonosobo, Jawa Tengah, 4 Agustus 1918
Agama:  Islam
Pendidikan Umum Terakhir:  Sekolah Tinggi Kedokteran (tidak tamat)
Pendidikan Lain:  Kenpei Kasya Butai
Pendidikan Tentara:  Military Police School, Amerika Serikat.
Pengalaman Pekerjaan: Jawatan Kenpeitai
Karier Militer:
- Tahun 1964, Asisten I Menteri/Panglima Angkatan Darat (Men/Pangad)
- Tahun 1959, Atase Militer RI di London
- Staf di Kementerian Pertahanan
- Maret tahun 1950, Kepala Staf G
- Desember tahun 1949 Kepala Staf Gubernur Militer Jakarta Raya.
- Tahun 1945, Kepala Staf Markas Besar Polisi Tentara (PT) di Yogyakarta
- Tentara Keamanan Rakyat (TKR)
Tanda Penghormatan:  Pahlawan Revolusi
Meninggal: Jakarta, 1 Oktober 1965
Dimakamkan:  Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta

  •  Kapten Peiere Andreas Tendean


Nama : Kapten Peiere Andreas Tendean
Lahir : Jakarta, 21 Februari 1939
Agama : protestan
Pendidikan Umum :
- SD di Magelang
- SMP B
- SMA B
pendidikan Militer : ATEKAD
Karier Militer :
- ikut dalam operasi Sapta Marga di Sumatera Utara. Beliau dilantik sebagai Letda Czi tahun 1962
- Danton Yon Zipur 2/Dam II Bukit Barisan
- Pendidikan Intelijen tahun 1963
- pernah menyusup ke Malaysia masa Dwikora sewaktu bertugas di DIPIAD
- 965 diangkat sebagai Ajudan Menko Hankam/Kasab Jenderal TNI A.H. Nasution ketika pangkatnya masih Letda, kemudian naik menjadi Lettu.
Tanda Penghormatan : Pahlawan Revolusi
Meninggal: Jakarta, 1 Oktober 1965
Dimakamkan : Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta

  •  Letnan Jenderal Anumerta Suprapto
Nama : Letnan Jenderal Anumerta Suprapto
Lahir : Purwokerto, 20 Juni 1920
Agama : Islam.
Pendidikan Umum :
- MULO (setingkat SLTP)
- AMS (setingkat SMU) Bagian B di Yogyakarta, tamat tahun 1941
- Kursus Pusat Latihan Pemuda
- Latihan Keibodan, Seinendan, dan Syuisyintai

Pendidikan Tentara : Koninklijke Militaire Akademie di Bandung, tapi tidak sampai tamat.
Pengalaman Pekerjaan : Kantor Pendidikan Masyarakat
Karier Militer :
- Deputy II Menteri/ Panglima Angkatan Darat (Men/Pangad), Jakarta
- Deputy Kepala Staf Angkatan Darat untuk Wilayah Sumatera, Medan
- Staf Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta
- Staf Angkatan Darat, Jakarta
- Kepala Staf Tentara & Teritorium (T&T) IV/Diponegoro, Semarang
- Ajudan Panglima Besar Jenderal Sudirman
- Anggota Tentara Keamanan Rakyat di Purwokerto
Tanda Penghormatan : Pahlawan Revolusi
Meningga l: Jakarta, 1 Oktober 1965
Dimakamkan : Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta


  • Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani


Nama : Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani
Lahir : Jenar, Purworejo, 19 Juni 1922
Meninggal : Jakarta, 1 Oktober 1965
Dimakamkan : Taman Makam Pahlawan Kalibata
Agama : Islam
Ayah : Sarjo bin Suharyo
Ibu : Murtini
Pendidikan Formal:
- HIS (setingkat S D) Bogor, tamat tahun 1935
- MULO (setingkat S M P) kelas B Afd. Bogor, tamat tahun 1938
- AMS (setingkat S M U) bagian B Afd. Jakarta, berhenti tahun 1940
Pendidikan Militer:
- Pendidikan militer pada Dinas Topografi Militer di Malang
- Pendidikan Heiho di Magelang
- Tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor
- Command and General Staf College di Fort Leaven Worth, Kansas, USA, tahun 1955
- Spesial Warfare Course di Inggris, tahun 1956
Jabatan terakhir : Menteri Panglima Angkatan Darat (Men/Pangad) sejak tahun 1962
Bintang Kehormatan:
- Bintang RI Kelas II
- Bintang Sakti
- Bintang Gerilya
- Bintang Sewindu Kemerdekaan I dan II
- Satyalancana Kesetyaan VII, XVI
- Satyalancana G:O.M. I dan VI
- Satyalancana Sapta Marga (PRRI)
- Satyalancana Irian Barat (Trikora)
- Ordenon Narodne Armije II Reda Yugoslavia (1958) dan lain-lain
Tanda Penghormatan : Pahlawan Revolusi


  • Letnan Jenderal Anumerta M.T. 

Nama : Letnan Jenderal Anumerta M.T. Haryono
Lahir :  Srabaya, 20 Januari 1924
Agama : Islam
Pendidikan Umum:
- ELS (setingkat Sekolah Dasar)
- HBS (setingkat Sekolah Menengah Umum)
- Ika Dai Gakko (Sekolah Kedokteran masa pendudukan Jepang)
Karier Militer:
- Deputy III Menteri/Panglima Angkatan Darat (Men/Pangad)
- Direktur Intendans Angkatan Darat
- Atase Militer RI di Negara Belanda (tahun 1950)
- Sekretaris Delegasi Militer Indonesia pada Konferensi Meja Bundar (KMB)
- Sekretaris Delegasi RI dalam perundingan dengan Inggris dan Belanda
- Wakil Tetap pada Kementerian Pertahanan Urusan Gencatan Senjata
- Sekretaris Dewan Pertahanan Negara
- Bekerja di Kantor Penghubung
- Masuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR)
Tanda Penghormatan : Pahlawan Revolusi
Meninggal : Jakarta, 1 Oktober 1965
Dimakamkan : Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta

  • Mayor Jenderal Anumerta Donald Isac 



Nama : Mayor Jenderal Anumerta Donald Isac Panjaitan
Lahir : Balige, Tapanuli, 9 Juni 1925
Meninggal : Jakarta, 1 Oktober 1965
Dimakamkan : Taman Makam Pahlawan Kalibata
Agama : Kristen
Pendidikan Formal:
- Sekolah Dasar
- Sekolah Menengah Pertama
- Sekolah Menengah Atas
Pendidkan Militer : Latihan Gyugun
Pendidikan Lain:
- Kursus Militer Atase (Milat), tahun 1956
- Associated Command and General Staff College, di Amerika Serikat
Karier Militer:
- Asisten IV Menteri/Panglima Angkatan Darat (Men/Pangad), tahun 1962
- Atase Militer RI di Bonn, Jerman Barat
- Kepala Staf Operasi Tentara dan Teritorium (T&T) II/Sriwijaya di Palembang
- Kepala Staf Operasi Tentara dan Teritorium (T&T) I Bukit Barisan di Medan
- Pimpinan Perbekalan Perjuangan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI).
- Kepala Staf Umum IV (Supplay) Komandemen Tentara Sumatera
- Komandan Pendidikan Divisi IX/Banteng di Bukittinggi, tahun 1948
- Komandan Batalyon Tentara Keamanan Rakyat (TKR)
- Anggota Gyugun Pekanbaru, Riau
Prestasi :
- Salah seorang pembentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR)
- Membongkar rahasia pengiriman senjata dari Republik Rakyat Cina (RRC) untuk PKI
Tanda Kehormatan : Pahlawan Revolusi



  • Mayjen TNI Anumerta Sutoyo 



Nama : Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo
Lahir : Kebumen, 23 Agustus 1922
Gugur : Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965
Agama : Islam
Tanda Penghormatan : Pahlawan Revolusi
Pendidikan:
- HIS di Semarang
- AMS tahun 1942 di Semarang
- Balai Pendidikan Pegawai Negeri di Jakarta.
Karir:
- Pegawai Menengah/III di Kabupaten Purworejo
- Kepala Organisasi Resimen II PT (Polisi Tentara) Purworejo dengan pangkat Kapten (1946)
- Kepala Staf CPMD Yogyakarta (1948-1949)
- Komandan Batalyon I CPM (1950)
- Danyon V CPM (1951)
- Kepala Staf MBPM (1954)
- Pamen diperbantukan SUAD I dengan pangkat Letkol (1955-1956)
- Asisten ATMIL di London (1956)
- Pendidikan Kursus “C” Seskoad (1960)
- 1961 naik pangkat menjadi Kolonel dan menjabat sebagai IRKEHAD dan tahun 1964 naik pangkat menjadi Brigjen


Sumber: referensi,  tokohindonesia.com, oktavita.com

Senin, 28 Februari 2011

Roda zodiak: abad ke-6 ini perkerasan mosaik dalam sinagog menggabungkan unsur Yunani-Bizantium, Beit Alpha, IsraelBumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari menyebabkan Matahari muncul di ruang angkasa yang bergerak di atas ekliptika (merah), yang miring pada khatulistiwa (biru).

Dalam astronomi, zodiak (Yunani: ζῳδιακός, zōdiakos) adalah cincin dari rasi bintang yang garis ekliptika, yang merupakan jalur jelas matahari di bola langit sepanjang tahun. Jalan Bulan dan planet juga terletak kira-kira dalam ekliptika, dan begitu juga dalam konstelasi bintang dari zodiak. Dalam astrologi, zodiak menunjukkan tanda-tanda yang membagi ekliptika menjadi dua belas zona bujur langit yang sama. Dengan demikian, zodiak adalah sistem koordinat langit, atau lebih khusus suatu sistem koordinat ekliptika, mengambil ecliptic sebagai asal lintang, dan posisi matahari di vernal equinox sebagai asal bujur.

Hal ini diketahui telah digunakan oleh zaman Romawi, yang berdasarkan pada konsep diwarisi oleh astronomi Helenistik dari astronomi Babel periode Kasdim (SM milenium pertengahan-1), yang, pada gilirannya, berasal dari sistem awal daftar bintang bersama ekliptika. Pembangunan zodiak ini dijelaskan dalam Ptolemy's Almagest (AD abad ke-2).

Zodiak Istilah berasal dari zōdiacus Latin, yang pada gilirannya berasal dari κύκλος ζῳδιακὸς Yunani (zōdiakos kuklos), yang berarti "lingkaran binatang", berasal dari ζώδιον (zōdion), yang kecil dari "binatang" ζῶον (Zoon). Nama ini termotivasi oleh kenyataan bahwa setengah dari tanda-tanda binatang Yunani zodiak direpresentasikan sebagai klasik (selain dua hibrida mitologis).

Meskipun zodiak tetap menjadi dasar dari sistem koordinat ekliptika yang digunakan dalam astronomi selain satu khatulistiwa, istilah dan nama-nama kedua belas tanda-tanda saat ini sebagian besar terkait dengan astrologi horoscopic.

Istilah "zodiak" juga dapat merujuk ke daerah lingkup langit meliputi jalan planet-planet sesuai dengan band sekitar delapan derajat busur di atas dan di bawah ekliptika. Zodiak dari suatu planet diberikan adalah band yang berisi path dari tubuh tertentu, misalnya, "zodiak Bulan" adalah band dari lima derajat di atas dan di bawah ekliptika.
Dengan ekstensi, yang "zodiak dari komet" dapat merujuk kepada meliputi band paling komet periode pendek.
  • Sejarah

Pembagian ecliptic ke dalam tanda zodiak berasal dari Babilonia ("Kasdim") astronomi pada paruh pertama dari milenium ke-1 SM, terjadi saat Median / kali "Neo-Babel" (abad ke-7 SM). Zodiak klasik merupakan modifikasi dari katalog MUL.APIN, yang disusun sekitar 1000 SM. Beberapa rasi bintang dapat ditelusuri lebih jauh ke belakang, ke Zaman Perunggu (Old Babel) sumber, termasuk Gemini "The Twins", dari MAŠ.TAB.BA.GAL.GAL "The Twins Besar", dan Kanker "Kepiting", dari AL.LUL "The Crayfish", antara lain.

astronom Babilonia di beberapa titik selama milenium awal SM 1 dibagi menjadi dua belas ecliptic zona bujur langit yang sama untuk menciptakan langit pertama yang diketahui sistem koordinat: sistem koordinat yang menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan sistem modern (seperti sistem koordinat ekuator atau ekliptik sistem koordinat ). Kalender Babel seperti yang berdiri di abad ke-7 SM konstelasi memberikan setiap bulan, dimulai dengan posisi Matahari di vernal equinox, yang pada waktu itu, konstelasi Aries ("Age of Aries"), untuk yang alasan zodiak pertama masih disebut "Aries" bahkan setelah vernal equinox telah bergerak jauh dari rasi Aries karena memperlambat presesi sumbu Bumi rotasi.

Pengetahuan tentang zodiak Babel juga tercermin dalam Alkitab Ibrani. EW Bullinger ditafsirkan makhluk-makhluk yang muncul dalam kitab Yehezkiel dan Wahyu sebagai tanda-tanda tengah empat kuartal dari Zodiac, dengan Lion sebagai Leo, Bull Taurus, Manusia mewakili Aquarius dan berdiri Eagle di Beberapa penulis telah mengaitkan dua belas suku Israel dengan dua belas tanda-tanda. Martin dan lain-lain berpendapat bahwa pengaturan dari suku-suku di sekitar Tabernakel (dilaporkan dalam Kitab Bilangan) bersesuaian dengan urutan dari Zodiac, dengan Yehuda, Ruben, Efraim dan Dan mewakili tanda-tanda tengah Leo, Aquarius, Taurus dan Scorpio , masing-masing. sambungan seperti itu diambil oleh Thomas Mann, yang dalam novel Yusuf dan Nya Brothers, atribut karakteristik tanda zodiak untuk suku masing-masing di rendition tentang Berkat Yakub.
Helenistik dan era Romawi
Abad ke-1 SM Denderah Zodiac (ukiran abad ke-19)

Katalog bintang Babel masuk astronomi Yunani di abad ke-4 SM, melalui Eudoxus dari Cnidus dan lain-lain. Babilonia atau Kasdim di dunia Helenistik datang begitu diidentifikasi dengan astrologi bahwa "hikmat Kasdim" menjadi antara orang-orang Yunani dan Roma yang sinonim dari ramalan melalui planet-planet dan bintang-bintang. astrologi Helenistik syncretically berasal dari astrologi Babilonia dan Mesir. Horoscopic astrologi pertama kali muncul di Mesir Ptolemeus. The Dendera zodiak, lega kencan untuk ca. 50 SM, adalah penggambaran diketahui pertama dari zodiak klasik dua belas tanda-tanda.

Terutama penting dalam perkembangan astrologi horoscopic Barat adalah astrolog dan astronom Ptolemy, yang karyanya Tetrabiblos meletakkan dasar tradisi astrologi Barat. Di bawah Yunani, dan Ptolemeus khususnya, planet-planet, Rumah, dan tanda-tanda zodiak dirasionalisasikan dan fungsi mereka meletakkan dengan cara yang telah berubah sedikit hari ini. Ptolemeus hidup di abad ke 2, tiga abad setelah penemuan presesi dari oleh Hipparchus sekitar 130 SM, namun ia mengabaikan masalah ini, dengan menjatuhkan konsep bola langit tetap dan mengadopsi apa yang disebut sebagai koordinat tropis sistem bukan.
Hindu zodiak

Zodiak Hindu diyakini diadopsi dari sistem Yunani, [rujukan?] Selama periode dari kontak budaya yang intens Indo-Yunani selama periode Seleukus (2 untuk 1 abad SM), tetapi keduanya tidak identik. Sistem sidereal Hindu menggunakan sistem koordinat direferensikan ke bintang tetap, namun sistem Tropis diikuti oleh orang Yunani direferensikan dengan musim di belahan bumi Utara. Yang terakhir ini dipengaruhi oleh presesi dari. Akibatnya, Eropa dan zodiak Hindu selaras pada saat kontak budaya Indo-Yunani, tetapi secara berangsur-angsur bergerak menjauh lebih dari dua ribu tahun yang telah berlalu sejak.

Tanda-tanda zodiak Hindu dan tanda-tanda Yunani sesuai suara yang sangat berbeda, yang dalam bahasa Sansekerta dan Yunani masing-masing, tetapi simbol mereka hampir identik. Sebagai contoh, Dhanu berarti "busur" dan sesuai dengan Sagitarius, yang "pemanah", dan kumbha berarti "air kendi" dan sesuai dengan Aquarius, "air-carrier". Korespondensi tanda-tanda yang diartikan bahwa nama Sansekerta diterjemahkan dari nama Yunani, dan bukan sebaliknya.
Abad Pertengahan dan Awal masa Modern
Tanda-tanda zodiak seperti yang ditunjukkan dalam ukiran kayu abad ke-16
Sebuah lukisan abad ke-17 dari Katedral Hidup Pilar di Georgia menggambarkan Kristus dalam lingkaran Zodiac

Abad Pertengahan Tinggi melihat kebangkitan sihir Yunani-Romawi, pertama di Kabbalism dan kemudian berlanjut di sihir Renaissance. Ini termasuk menggunakan magis zodiak, seperti yang ditemukan, misalnya, dalam Sefer Raziel HaMalakh.

Simbol dgn mintaku'lburuj adalah awal Modern penyederhanaan representasi bergambar konvensional dari tanda-tanda, dibuktikan sejak zaman Helenistik. Simbol yang dikodekan dalam Unicode di posisi U 2648 U 2653 n Miscellaneous Simbol blok.
Dua belas tanda-tanda
Artikel utama: Astrological sign

Berikut ini adalah daftar dua belas tanda-tanda zodiak modern (dengan bujur ekliptika poin pertama mereka), di mana 0 ° Aries dipahami sebagai vernal equinox, dengan Latin, Yunani, Sansekerta, dan nama Babilonia (tapi dicatat bahwa bahasa Sansekerta dan setara nama Babel menunjukkan konstelasi saja, bukan tanda-tanda zodiak tropis). Juga, "terjemahan bahasa Inggris" tidak biasanya digunakan oleh pembicara bahasa Inggris. Nama Latin adalah penggunaan bahasa Inggris standar.
Simbol № Long. nama Inggris terjemahan Latin Yunani nama sanskrit nama Sumero-Babel name:
1.  ♈ 0 ° Aries The Ram Κριός / Kriós Mesa (मेष) LUḪUN.GA MUL "Pekerja Agraria", Dumuzi
2. ♉ 30 ° Taurus The Bull Ταῦρος / Tauros Vṛṣabha (वृषभ) MULGU4.AN.NA "The Steer Surga"
3. ♊ 60 ° Gemini The Twins Δίδυμοι / Mithuna Didymoe (मिथुन) MULMAŠ.TAB.BA.GAL.GAL "Si Kembar Besar" (Lugalgirra dan Meslamta-ea)
4.  ♋ 90 ° Kanker Καρκῖνος Kepiting ini / Karkaṭa Karkinos (कर्कट) MULAL.LUL "Crayfish The"
 5. ♌ 120 ° Leo The Lion Λέων / Léon Simha (सिंह) MULUR.GU.LA "The Lion"
6.  ♍ 150 ° Virgo The Maiden Παρθένος / parthenos Kanya (कन्या) MULAB.SIN "Furrow The"; "The Furrow, dewi telinga Shala tentang jagung"
 7. ♎ 180 ° Libra The Scales Ζυγός / Zygós Tula (तुला) zibanitum "The Scales"
8.  ♏ 210 ° Scorpio Scorpion The Σκoρπιός / Skorpiós Vṛścika (वृश्चिक) MULGIR.TAB "The Scorpion"
9. ♐ 240 ° Sagitarius Centaur Sang Pemanah Τοξότης / Toxótēs Dhanus (धनुष) MULPA.BIL.SAG, Nedu "tentara"
10.  ♑ 270 ° Capricorn "Kambing-tanduk" (Laut-Kambing) Αἰγόκερως / Aegókerōs Makara (मकर) MULSUḪUR.MAŠ "Kambing-Ikan"
11. ♒ 300 ° Aquarius Pembawa Air Ὑδροχόος / Hydrokhóos Kumbha (कुम्भ) MULGU.LA "The One Besar", kemudian qa "teko"
12.  ♓ 330 ° Pisces Ikan Ἰχθύες / Ιkhthyes Mina (मीन) MULSIM.MAḪ "The Ekor burung layang-layang", kemudian DU.NU.NU "ikan-kabel"

        Simbol yang digunakan dalam astrologi Barat untuk mewakili tanda-tanda astrologi
        Mintaku'lburuj konstelasi.

        Adalah penting untuk membedakan tanda-tanda zodiak dari rasi bintang yang berhubungan dengan mereka, bukan hanya karena mereka terhanyut terpisah karena presesi ekuinoks, tetapi juga karena konstelasi fisik dengan sifat mereka berbagai bentuk dan mengambil berbagai bentuk lebar dari ekliptika. Dengan demikian, Virgo mengambil sepenuhnya lima kali bujur ekliptika sebanyak Scorpius. Tanda-tanda zodiak, di sisi lain, merupakan abstraksi dari konstelasi fisik yang dirancang untuk mewakili tepat satu dua belas lingkaran penuh masing-masing, atau bujur dilalui Matahari dalam waktu sekitar 30,4 hari.

        Selalu ada sejumlah "parazodiacal" rasi bintang yang juga tersentuh oleh jalan planet-planet. The MUL.APIN daftar Orion, Perseus, Auriga dan Andromeda. Selain itu, ada sejumlah rasi bintang mythologically terkait dengan yang zodiak: Piscis Austrinus, Ikan Selatan, melekat pada Aquarius. Dalam peta klasik, itu menelan aliran berhamburan keluar dari kendi Aquarius ', tapi mungkin sebelumnya hanya berenang di dalamnya. Aquila, The Eagle, ini mungkin terkait dengan zodiak berdasarkan bintang utama, Altair. Hydra di Awal Zaman Perunggu ditandai khatulistiwa langit dan dikaitkan dengan Leo, yang ditunjukkan berdiri di ular di zodiak Dendera. Corvus adalah Crow atau Raven misterius bertengger di ekor Hydra. The MUL.APIN glosses Hydra sebagai "Ningizzida Ular, penguasa dari akhirat". Ningizzida bersama dengan Dumuzi (Aries) dan Pabilsag (Sagitarius) diatur rumah tangga ratu neraka.

        Mengambil batas konstelasi saat ini seperti yang didefinisikan pada tahun 1930 oleh International Astronomical Union, ecliptic sendiri melewati suatu konstelasi ketiga belas tambahan, Ophiuchus, terletak di antara Scorpius dan Sagitarius. Ini diidentifikasi dalam Ptolemy's Almagest, namun tidak secara umum diakui sebagai bagian dari Zodiac. Ide memperkenalkan Ophiuchus sebagai tanda tanggal zodiak hingga 1970-an dan dipopulerkan di astrologi sidereal Jepang dari akhir 1990-an oleh Walter Berg, The 13 Tanda-tanda zodiak.
        Tabel tanggal


        Awal teoritis Aries adalah momen vernal equinox, dan semua tanggal lain pergeseran sesuai. Gregorian tepat waktu dan tanggal sedikit berbeda dari tahun ke tahun sebagai kalender Gregorian bergeser relatif terhadap tahun tropis. [13] Variasi ini tetap dalam perbedaan kurang dari dua hari 'pada masa lalu dan equinox, dekat-masa depan vernal di UTC selalu jatuh baik di 20 atau 21 Maret pada periode 1797-2043, jatuh pada tanggal 19 Maret tahun 1796 terakhir kali dan pada 2044 berikutnya. [14] Dalam jangka panjang, jika kalender Gregorian tidak direformasi, maka equinox akan pindah ke tanggal sebelumnya: ia akan jatuh pada tanggal 18 Maret untuk pertama kalinya di AD 4092.


          Karena sumbu bumi adalah di sudut, beberapa tanda-tanda waktu lebih lama untuk naik dari yang lain, dan jauh dari khatulistiwa anda tinggal, semakin besar perbedaan. Jadi, tanda-tanda yang disebut sebagai kenaikan "panjang" atau "pendek".
          Presesi dari
          Informasi lebih lanjut: Presesi dari ekuinoks, Epoch (astronomi), sideris astrologi, Tropis astrologi, usia Astrological, dan Ayanamsa
          Jalur yang diambil oleh titik vernal equinox sepanjang ekliptika selama 6000 tahun terakhir

          Sistem zodiak dikembangkan di Babel, sekitar 2.500 tahun yang lalu, selama "Age of Aries". Pada saat itu, presesi dari tidak diketahui, dan sistem yang dibuat penyisihan tidak untuk itu. Kontemporer penggunaan sistem koordinat disajikan dengan pilihan menafsirkan sistem baik sebagai sidereal, dengan tanda-tanda tetap dengan latar belakang bintang, atau sebagai tropis, dengan tanda-tanda tetap ke titik ekuinoks vernal.

          astrologi Barat mengambil pendekatan tropis, sedangkan astrologi Hindu mengambil sidereal satu. Hal ini menyebabkan sistem zodiak koordinat awalnya bersatu hanyut terpisah secara bertahap, dengan kecepatan sudut sekitar 1,4 derajat per abad.

          Untuk tropis zodiak yang digunakan dalam astronomi dan astrologi Barat, ini berarti bahwa tanda Aries tropis saat ini terletak di suatu tempat dalam konstelasi Pisces ("Zaman Pisces").

          Asal untuk sidereal sistem koordinat dikenal sebagai ayanamsa, sebuah kata Sansekerta. Tidak jelas ketika orang India menjadi sadar akan presesi dari, tapi Bhaskar-ii di Siddhanta Shiromani memberikan equationjs pengukuran presesi ekuinoks, dan mengatakan persamaan ini didasarkan pada beberapa persamaan yang hilang dari Suryasiddhanta ditambah persamaan Munjaala.

          Hal ini tidak sepenuhnya jelas bagaimana astronom Helenistik menanggapi fenomena presesi setelah telah ditemukan oleh Hipparchus sekitar 130 SM. Hari ini, beberapa baca Ptolemy sebagai menjatuhkan konsep bola langit tetap dan mengadopsi apa yang disebut sebagai sistem koordinat tropis gantinya: dengan kata lain, satu tetap untuk siklus musiman bumi daripada bintang-bintang jauh.

          Beberapa astrolog Barat modern, seperti Cyril Fagan, telah menganjurkan meninggalkan sistem tropis yang mendukung satu sidereal.
          Dalam astronomi modern
          Informasi lebih lanjut: Epoch (astronomi)




          Zodiak adalah sistem koordinat bola langit. Ini menunjuk ecliptic sebagai pesawat fundamental dan posisi Matahari pada Vernal equinox sebagai meridian utama.

          Dalam astronomi, rasi bintang zodiak adalah cara mudah untuk menandai ekliptika (jalan matahari di langit) dan jalur bulan dan planet-planet di sepanjang ekliptika. Astronomi modern masih menggunakan tropis koordinat untuk memprediksi posisi Matahari, Bulan, dan planet, kecuali bujur dalam sistem koordinat ekliptika diberi nomor dari 0 ° sampai 360 °, tidak 0 ° sampai 30 ° dalam setiap tanda. Bujur dalam tanda-tanda individu masih digunakan sebagai sebagai akhir 1740 oleh Jacques Cassini dalam Tabel astronomiques nya.

          Shio juga digunakan untuk merujuk ke awan dgn mintaku'lburuj butir debu yang bergerak diantara planet-planet dan lampu zodiak yang berasal dari hamburan mereka sinar matahari.

          Berbeda dengan tanda zodiak dalam astrologi, yang semuanya tiga puluh derajat panjang, rasi astronomi sangat bervariasi dalam ukuran. Batas-batas dari semua rasi bintang di langit yang ditetapkan oleh International Astronomical Union (IAU) pada tahun 1930. Hal ini, pada dasarnya, latihan pemetaan untuk membuat karya astronom lebih efisien, dan batas-batas rasi bintang yang tidak itu dalam arti yang berarti sebuah 'setara' dengan tanda-tanda zodiak. Seiring dengan dua belas rasi bintang asli, batas-batas konstelasi ketiga belas, Ophiuchus (pembawa ular), yang ditetapkan oleh astronom dalam batas-batas dari zodiak.
          Mnemonik untuk zodiak

          J tradisional mnemonik:

              Ram, Bull, si Kembar Surgawi,
              Dan berikutnya Kepiting, sang singa bersinar,
              The Virgin dan Timbangan.
              The Scorpion, Archer, dan Kambing,
              Manusia yang memegang Pot Pengairan,
              Dan Ikan dengan sisik berkilauan.

          A kurang puitis, namun ringkas dan mungkin lebih berkesan, mnemonic adalah sebagai berikut:

              The Twins mengoceh Kepiting bengkeng;
              Kalajengking Bondol Apakah Ikan Air Bagus.

          (Ram-ble = Ram, Bull; Kembar = Twins; Kepiting = Kepiting; Li-Ver (ish) = Lion, Virgin; Bondol = Skala; Scorpion = Scorpio; Apakah = Archer; Baik = Kambing, Air = Pembawa Air; Ikan = Ikan)

          Lain mudah mnemonik:

              Semua Constellation Very Long Live Great Sejak Bintang Tidak bisa Alter Fisika.

          (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces)

          Satu lebih mudah mnemonik:

              Sebagai The Great Cook Likes Garam Sangat Kecil, Dia mengkompensasi Menambah Pepper.

          (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces)

          Mengingat terjemahan / bentuk rasi bintang dengan menyenangkan mnemonik:

              Benar-benar Guru Boring Bisa Live Sangat Sayangnya Sejak Apel Berikan Perasaan tidak berharga.

          (Ram, Bull, Twins, Kepiting, Lion, Virgin, Scales, Scorpion, Archer, Kambing, Pembawa Air, Ikan)

              Semua Emas yang Dapat Load Siswa Sangat Malas Sejak Children Are Play

          (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces)
          Lihat juga