Jumat, 04 Maret 2011

Rendahnya melestarikan dan menghijaukan lingkungan.


Kehidupan manusia tidak lepas dari intraksi dengan lingkungan perubahan kondisi dan kualitas lingkungan berpengaruh buruk.Kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan masih rendah yang mengakibatkan kerusakan iklim global yang sulit terhindar. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, yaitu pencemaran udara dan air menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam seperti banjir, longsor, kebakaran hutan, krisis air bersih yang merupakan permasalahan global dan sering terjadi di Indonesia. 

Banjir yang melanda Indonesia dimusim penghujan dalam waktu  tertentu  mengalami kelangkaan air bersih ini bukti akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam berwawasan lingkungan. Jika dibiarkan akan berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. 


Masalah lingkungan seperti bencana alam masalah sampah merupakan masalah lingkungan yang bukan tergolong sepele, karena tidak diselesaikan. 
Untuk itu kita membangun kesadaran kita dalam menjaga kondisi lingkungan benar-benar jauh dari berbagai  sumber pengrusakan dan pencemaran lingkungan. Karena masalah lingkungan tersebut disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. 

Seharusnya penghijauan lingkungan di Indonesia kembali diupayakan dan dibangun kembali dan menurut saya sudah menjadi tugas manusia yang merupakan amanah dan tanggung jawab melestarikan bumi. Masyarakat diharapkan bisa menata dan memelihara kelestrian lingkungan hidup diwilayah Indonesia. Untuk itu bangunlah Indonesia yang berwawasan lingkungan agar terciptanya suasana keindahan dan kenyamanan lingkungan terutama kesehatan. 

Berhubungan dan kelestarian lingkungan sebagai masyarakat yang mementingkan penghijauan lingkungannya harus melakukan penanaman. 



Terkadang masih ada masyarakat yang membuang sampah seenaknya dijalanan, atau meletakkan sampah dipinggir jalan seolah-olah bukan milik sendiri. Hal itu tidk disadari tetapi sangat berpengaruh dengan kondisi bumi kebiasaan dan kesadaran membuang sampah pada tempatnya sebenarnya sangat berpengaruh dengan kondisi bumi. Kebiasaan dan kesadaran membuang sampah pada tempatnya sebenarnya sangat penting agar membudaya karena budaya peduli lingkungan dan merupakan jati diri suatu bangsa. Untuk itu kita juga perlu memelihara kelestarian sumber alam lainnya seperti pelestarian huta yang berfungsi mencegah erosi dan banjir. 

Upaya yang perlu dilakukan untuk menyadarakan masyarakat terhadap lingkungan dengan memberikan penyuluhan penerangan memberikan arahan pada penilaian dan sikap hidup untuk mampu memelihar keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan pribadi, lingkungan social, dan alam dan penegakan hokum disertai pemberian motivasi untuk menjaga lingkungan hidup.

Dan saya seorang siswa (pelajar) serta teman-teman ku yang seperjuangan mendorong peningkatan peran kita sebagai siswa dengan melakukan kegiatan seperti masalah dinding kerja bakti atau gotong royog taman sekolah. 


Siswa pasti memiliki kependudukan terhadap lingkungan yang berpartisipasi terhadap lingkungan yang sehat serta melestarikan lingkungan yang sehat serta melestarikan lingkungan hidup. Selain itu siswa banyak menjadi pelopor bagi upaya untuk penciptaan budaya peduli terhadap lingkungan hidup lingkungan sekolah. Peran pendidikan sekolah sangat penting,bukan bagi siswa  saja tetapi budaya bersih dan sehat.

Untuk itu, marilah kita budayakan  lingkungan hidup yang bersih dan sehat.



Sumber : MIFTAHUL HUSNA, IX.1