Selasa, 01 Februari 2011

Ramalan Para Ilmuwan Berdasarkan Status Twitter & Facebook




Januari: Paling Banyak PHK
Orang paling banyak terkena PHK di bulan Januari, akhir Juni dan pertengahan Agustus, menurut Alan Mislove dari Northeastern University dan Sune  Lehmann dari Technical University of Denmark. Keduanya adalah professor ilmu computer. Bersama peneliti lain, mereka mempelajari 300 juta tweets selama 3 tahun. Hasilnya, para peneliti ini menyimpulkan terjadinya peristiwa tertentuberdasarkan kicauan orang-orang di Twitter.Sementara itu, akhir Mei dan awal Agustus adalah masa-masa ketika orang-orang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Minggu Pertama Januari: Paling Stres

Setelah bersenang-senang menikmati Tahun Baru, lalu tiba-tiba harus kembali beraktivitas bikin kita stres berat.Itu menurut penelitian British Charity National Lifeboat Institution di tahun 2009.Cuaca dingin yang menggigit dan liburan yang harus berakhir membuat orang-orang frustasi, terutama di tempat kerja. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Menurut Geoffrey Beattie dari University of Manchester, “Meredakan ketegangan dengan berteriak dan menjerit merupakan cara yang ampuh untuk mengusir energy negative.”






Januari: Paling Banyak Olahraga
Orang-orang paling banyak berolahraga di bulan Januari, menurut Profesor Mislove dan Profesor Lehmann.Berdasarkan penelitian mereka, beberapa tweets menyebutkan kata”olahraga”, segera setelah perayaan Tahun Baru berakhir.Olahraga juga digiatkan banyak orang untuk mencapai resolusi merampingkan atau membentuk badan.Setelah beberapa bulan, keinginan untuk olahraga menyurutsebelum menjadi booming lagi pada Musim Semi.Ada juga sih yang suka olahraga, untuk menyambut musim memakai baju-renang, pada bulan April dan Mei.

Februari: Paling Banyak Bertunangan
Lagi-lagi menurut duo Misslove dan Lehmann ( berdasrkan penelitian diTweeter), ada tanda-tanda untuk bertunangan di bulan ini, terutama saat hari Valentine. Waktu lain yang diperkirakan bakal banyak orang bertunangan adalah saat liburan Natal dan Tahun Baru.

17 Januari: Hari Paling Sedih
Menurut seorang peneliti bernama Cliff Arnall, minggu ketiga Januari adalah minggu paling bikin depesi.Penelitian Arnall ini berdasarkan cuaca, tagihan, waktu (sejak Natal berakhir), dan motivasi orang-orang.Tahun ini Arnall menyebutkan tanggal 17 Januari sebagai hari kelabu di seluruh dunia.Tanggal ini adalah waktu ketika orang akhirnya menyerah terhadap resolusi yang mereka buat sendiri, kegembiraan pasca berlibur yang mulai hilang, dan kenyataan banyaknya tagihan yang harus dibayar (karena merayakan Natal/Tahun Baru). Gabungkan semua itu dengan dinginnya cuaca dan kau akan mendapatkan resep untuk menikmati hari tersedih disepanjang tahun.

April, Mei, Oktober: Paling Banyak Sukarelawan
Menurut data Misslove-Lehmann, mulai April, Mei hingga awal Oktober banyak orang bersedia menjadi sukarelawan untuk banyak kegiatan.Musim panas sebaliknya, orang-orang malah nggak begitu tertarik untuk menjadi sukarelawan.

Musim Panas (Juni-Juli-Agustus): Waktunya Selingkuh
Kalau kamu punya pacar di bulan-bulan musimpanas, berhati-hatilah.Pacar kamu punya kecenderungan untuk selingkuh. Apalagi kalau pacar kamu menghabiskan liburan musim panas di kota lain(di pantai). Cuaca yang panas menjadi salah satu faktor pendukung seseorang berselingkuh dari pacarnya, menurut peneliti Kruger.

Pertengahan Juni: Paling Banyak Mendapat Kerja
Musim panas adalah waktu yang popular buat banyak sekali orang.Selain waktu untuk berlibur, pertengahan Juni adalah waktu para perusahaan mencari karyawan baru.Menurut data Misslove, banyak anak muda (mahasiswa) pemilik akun Tweeteryang bekerja di musim panas.

17 Juni di Central Park: Hari Paling Bahagia
Tanggal 17 Juni 2011 adalah hari Jumat.Misslove dan Lehmann mengatakan bahwa di hari itu Central Park merupakan tempat paling menyenangkan, berdasarkan kicauan orang-orang di Tweeter. Hari-hari lain yang juga merupakan hari bahagia  adalah hari Valentine, Natal, dan Tahun Baru.

Desember: Paling Banyak Putus
Penulis, desiner, dan kolektor yang terobsesi data asal Inggris, David Mcandless mendata 10 ribu status di Facebook dan menemukan fakta bahwa 2 minggu menjelang hari Natal, banyak banget yang memutuskan hubungan cinta. Waktu lain yang popular untuk break up adalah musim semi dan minggu-minggu menjelang hari Valentine. Senin adalah waktu yang juga popular untuk mengucapkan,”kayaknya kita harus bicara deh”.Aniway, kenapa malah hari-hari menjelang liburan dipilih menjadi hri putus sedunia? Padahal holidays biasanya menyenangkan. Ternyata menurut Mcandless ada banyak sekali hal yang harus dilakukan orang-orang untuk menyambut liburan.Yang terjadi bukan happy, tapi stress.

Hari Natal: Paling sedikit Putus

Menurut penelitian Kruger terhadap status-status Facebook, orang-orang yang pacaran boleh kok merasa aman di Hari Natal.“Natal adalah waktu bagi setiap orang untuk menghabiskan waktu bersama dan merayakan liburan.Kau pasti akan menghindari situasi yang mengarah untuk putus hubungan”, kata Kruger. Agustus adalah juga waktu paling jarang putus.