Sabtu, 22 Januari 2011

Tips Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

 
Stress, adalah keadaan di mana tubuh bereaksi terhadap stressor. keadaan yang merupakan upaya tubuh untuk menyesuaikan diri terhadap gangguan keseimbangan diri, yang mengakibatkan terjadinya proses homeostasis, yakni proses agar manusia tetap sehat. hal mana usaha tersebut dilakukan agar tubuh dan jiwa bisa menghadapi bahaya. Hal ini bisa saja terjadi pada anda yan bekerja di perusahaan, mungkin dari anda sering mengerutkan kening dan merasa pusing di karenakan melihat setumpuk pekerjaan yang harus anda selesaikan. atau juga menghadapi kemarahan bos yang bertubi-tubi karena perfomansi anda kurang baik akhir-akhir ini. Sementara anda juga mulai bosan dengan rutinitas sehari-hari, enggan berangkat ke kantor dan rasanya ingin mengundurkan diri saja dari pekerjaan yang telah anda tekuni selama ini. saran saya, jika anda sedang mengalami hal seperti saya sebutkan diatas, janganlah cepat – cepat mengambil keputusan yang bisa saja hal tersebut nantinya akan anda sesali. Ssesungguhnya jika anda mengalami hal – hal terbut, anda sedang mengalami burn out atau stress di tempat kerja :
Tidak ada manusia yang bisa terhindar dari stress, zaman ini adalah abad stress. kekhawatiran, rasa lemas, insomnia, sakilt lambung akut dan berbagai penyakit lainnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Stress dapat mengganggu kesehatan dan tentu saja konsentrasi di tempat kerja.
Adapun tips yang mungkin bisa anda terapkan jika menghadapi stress di tempat kerja adalah sebagai berikut :
1. Relaksasi
Pada saat jam istirahat, cobalah untuk melakukan relaksasi otot secara progresif dan sistematis. melemaskan otot-otot tubuh dengan bertumpu pada tangan, lengan, muka, kepala, leher, bahu, dada, lambung dan punggung bawah, lalu terakhir ke daerah kaki. Tiap otot ditegangkan selama 5-7 detik kemudian dikendorkan selama 12-15 detik. Prosedur tersebut diulang sampai 5 kali. Metode relaksasi ini niscaya bisa membantu untuk mereda stress yang anda alami

2. Terapi musik
Hal lain yang bisa membuat anda berada dalam kondisi rileks adalah musik. Musik akan dapat memperbaiki gangguan psikologis dan mengembalikan tubuh pada kondisi normal. Pilihlah musik yang sesuai dengan minat anda. Kemudian dengarkan dalam situasi yang rileks untuk menghilangkan rasa penat seusai pulang kantor. dengarkanlah musik yang tidak terlalu serius dan memiliki ritme yang mengalun. Jenis musik seperti ini biasanya yang bernuansa instrumentalia. Musik tersebut kemudian diputar dengan durasi 10-30 menit, bisa membantu anda menghilangkan rasa penat sehabis pulang kantor di tengah kemacetan atau kepadatan mobil yang sedang anda kendarai.

3. Berolah raga
Olah raga juga merupakan salah satu bentuk kartasis yang bisa ikut membantu melepaskan sedikit demi sedikit rasa stress yang anda alami. Dengan berolah raga, bisa melepaskan ketegangan yang kerapkali dialami di tempat kerja dan penggantinya dengan memberikan suasana rileks pada tubuh.

4. Selesaikan masalah anda
Jika anda memiliki masalah dengan atasan atau dengan rekan sekerja, seberapa besar usaha anda untuk mengatasi rasa stress tersebut, tentu saja tidak berhasil karena anda tidak menyelesaikan dari sumber permasalahannya. Cobalah mencari jalan keluar dengan cara berdiskusi mengenai kesalahpahaman yang seringkali terjadi sehingga lingkungan kerjapun terasa nyaman dan menyenangkan bagi anda. Jika masalah tersebut berkaitan dengan pekerjaan, mungkin anda perlu memikirkan ulang metode kerja anda selama ini. Cobalah membuat perencanaan kerja berdasarkan prioritas dan derajat kepentingannya sehingga semua pekerjaan dapat selesai dalam waktu deadline yang ditentukan

5. Ubahlah persepsi negative yang anda miliki selama ini
Cobalah untuk berpikir positif dalam melihat suatu permasalahan di tempat kerja anda. Atasan yang marah-marah pada anda bukan berarti ia sentimen atas hasil kerja anda. Tapi cobalah ambil positifnya bahwa atasan anda memberikan suatu masukan atau feedback yang berguna untuk pengembangan kinerja anda di kemudian hari. Segala sesuatunya bersumber dari pikiran. Kuncinya dalam menghadapi stress adalah just positive thinking. Di atas semuanya itu, cobalah untuk menghargai pekerjaan anda saat ini mengingat beribu-ribu orang di luar sana yang sulit mencari pekerjaan karena tidak bernasib mujur seperti anda.


http://blogpanas.info/tips-menghilangkan-stres-di-tempat-kerja